cover
Contact Name
Dhi Bramasta
Contact Email
jurnal.jrpd@ump.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnal.jrpd@ump.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan, PO BOX 202, Purwokerto 53182 Kembaran, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia
Location
Kab. banyumas,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD)
ISSN : -     EISSN : 27238660     DOI : http://dx.doi.org/10.30595/jrpd
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) adalah jurnal ilmiah nasional yang menyajikan artikel dari hasil pemikiran dan penelitian di bidang pendidikan dasar dan bidang lainnya yang relevan, meliputi bidang: 1. Pendidikan Dasar 2. Inovasi Pembelajaran 3. Evaluasi Pembelajaran 4. Pengembangan Kurikulum 5. Manajemen Pembelajaran 6. Pendidikan Inklusi 7. Pengembangan Sumber, Media, Buku, dan Modul
Articles 6 Documents
Search results for , issue "JRPD Volume 1 Nomor 2, September 2020" : 6 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA KARTU TEMPEL PADA SUBTEMA BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN KELAS V SISWA SEKOLAH DASARPENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MEDIA KARTU TEMPEL PADA SUBTEMA BAGAIMANA TUBUH MENGOLAH MAKANAN KELAS V SISWA SEKOLAH DA Cahya Dewi Nurani
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 1 Nomor 2, September 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/.v1i2.8483

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA dengan Media Kartu Tempel pada subtema Bagaimana Tubuh Mengolah Makanan pada peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasatriyan Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan rancangan Kemmis & Mc. Subjek pada PTK ini adalah peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri Kasatriyan yang berjumlah 15. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA. Sebelum dilakukan tindakan terdapat 3 peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar (20%) dan 12 peserta didik belum mencapai ketuntasan (80%). Setelah dilakukan tindakan siklus I peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 10 peserta didik (67%). Pada siklus II, peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 13 peserta didik (87%).Kata kunci:  Hasil Belajar, Media Kartu Tempel, Ilmu Pengetahuan Alam
PENINGKATAN SIKAP PERCAYA DIRI MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN ATONG BERBATU MEDIA POWTOON DI SEKOLAH DASAR Aji Heru Muslim
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 1 Nomor 2, September 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/.v1i2.8481

Abstract

Abstract. This study aimed to improve the students confidence through ATONG learning strategies with Powtoon-based video as the media. The subjects were the students of class V of Primary School that consisted of 26 students, 13 female and 13 male students. It was a Classroom Action Research that conducted in 2 cycles. Each cycle consisted of one meeting with the allocation time of 6x35 minutes for each meeting. The procedure of each cycle consisted of planning, acting, observing, and reflecting. The data on the results of self-confidence were obtained by using questionnaires, observations, and documents. In cycle 1, based on the questionnaire, the students self-confidence in the learning process obtained 74.23 with good criteria and based on the observation, the students self-confidence in the learning process obtained 3.67 with good criteria. In cycle II, based on the questionnaire, it increased to 86 with very criteria, and based on the observation sheet, it increased to 3,992 with good criteria. Therefore, it can be concluded that ATONG learning strategy with the Powtoon-based video as the media is able to improve the students self-confidence in class V of Primary School. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap percaya diri siswa menggunakan strategi pembelajaran ATONG dengan bantuan media video berbasis powtoon. Subyek penelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar dengan jumlah 26 yang terdiri dari 13 perempuan dan 13 laki-laki. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 1 pertemuan dengan masing-masing pertemuan terdiri dari 6x35 menit. Prosedur pelaksanaan setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data hasil sikap percaya diri siswa diperoleh dari angket, observasi dan dokumen. Pada siklus 1 hasil angket yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran yaitu 74,23 dengan kriteria baik dan hasil dari lembar observasi sikap percaya diri yang diperoleh siswa dalam proses pembelajaran yaitu 3,67 dengan kriteria baik, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 86 dengan kriteria baik sekali dan hasil dari lembar observasi sikap percaya diri mengalami peningkatan 3,99 dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran ATONG dengan bantuan media video berbasis powtoon dapat meningkatkan sikap percaya diri siswa kelas V Sekolah Dasar. 
KAJIAN TENTANG PENDIDIKAN KARAKTER PADA SEKOLAH RAMAH ANAK UNTUK SISWA KELAS V Laelatus Saadah; Didik Tri Setiyoko; Atikah Mumpuni
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 1 Nomor 2, September 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/.v1i2.8506

Abstract

Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang harus diterapkan pada anak sedini mungkin untuk mencegah adanya perilaku menyimpang seperti Bullying, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari kasus bullying dan faktor pendukung pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari bullying pada program sekolah ramah anak. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan yang di gunakan yaitu pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara,  dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa pola pembelajaran pendidikan karakter agar anak terhindar dari kasus Bullying yaitu dengan cara melakukan pembiasaan positif. Faktor pendukung di SD Negeri Klampok 01 terhadap keberhasilan sekolah yaitu sikap keteladanan yang diterapkan oleh seluruh tenaga pendidik terutama kepala sekolah tentang pembiasaan yang baik dalam sekolah yang harus di dukung oleh seluruh perangkat sekolah, baik bapak/ibu guru, kepala sekolah, staf maupun penjaga sekolah. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pola pendidikan karakter dan faktor pendukung agar anak terhindar dari kasus Bullying yaitu dengan cara pembiasaan yang positif dan keteladanan yang harus diterapkan oleh seluruh warga sekolah. Dalam hal ini peranan guru dalam mengembangkan strategi pembelajaran Pendidikan karakter harus di dukung oleh semua warga, baik warga sekolah maupun warga masyarakat.
The Value Of Character education in the Novel Of The Dreamer by Andrea Hirata and Its Relevance to the Education Process in Elementary Schools Fransiska Jaiman Madu
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 1 Nomor 2, September 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/.v1i2.8203

Abstract

The background of this research is the importance of character education in human life being able to shape one's personality, identity and character so as to have a balanced ability between thoughts and feelings, emotionality and intellect. realize the application of character education there are many ways that are done through education, literary works, etc. but in this case, the researcher was inspired to analyze the values of karaker education contained in a literary work in the form of a novel that is the Dreamer novel by Andrea Hirata and found the relevance of the character education values contained in the Dreamer novel withthe values of character education for the educational process in Cluster 4 Langke Rembong DistrictThis study aims to analyze the values of character education contained in the novel Sang Pemimpi and find the relevance of the values of character education contained in the novel Sang Pemimpi with the values of character education for the educational process in Cluster 4 DistrictLangke Rembong.This research is a descriptive study with a qualitative approach and content analysis methods through data collection techniques in the form of text analysis, document studies and interviews.The results of the study found twelve character education values contained in the novel The Dreamer of eighteen character education while six other character values were not found by the writer in the novel Dreamer. the twelve values of character education contained in the novel The Dreamer that is in relation to God, including religious values, in relation to oneself including the values of discipline, the value of hard work, creative values, independent values, the value of curiosity, the value of responsibilityanswer, the value of respecting achievement and in relation to others includes the value of tolerance, the value of friendship / communicative, and the value of social care. in addition to analyzing the values contained in the novel The Dreamer the researcher also conducted research in the form of interviews in Cluster 4 Langke Rembong District. The sources of interview data are the principal, grade 5 teachers and grade V. studentsbased on the analysis of the values of character education contained in the novel Sang Pemimpi, with the values of character education applied in Cluster 4, Langke Rembong District. shows relevance.
KEMAMPUAN PENGELOLAAN KELAS GURU TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DI SDN 02 BANJARAN JEPARA Aan Widiyono
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 1 Nomor 2, September 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/.v1i2.8522

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan berbagai cara yang dilakukan guru untuk mengelola kelas dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian 7 guru, 21 siswa, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru di SDN 02 Banjaran Jepara berjalan dengan baik, seperti dalam penerapan prinsip-prinsip manajemen kelas diantaranya hangat dan antusias, tantangan, bervariasi, keluwesan, penekanan pada hal-hal yang positif, dan penanaman disiplin diri. Sedangkan pada tahap merancang lingkungan fisik kelas, guru memiliki gaya mengajar berbeda di tiap kelas, dan guru sudah mampu menciptakan iklim positif dalam pembelajaran yang efektif.Kata Kunci: Pengelolaan kelas, Guru, Proses Pembelajaran
ANALISIS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SD NEGERI KARANGRENA 03 Kurnia Dwi Setyaningsih
Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) JRPD Volume 1 Nomor 2, September 2020
Publisher : Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Purwokerto

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30595/.v1i2.9012

Abstract

This study aims to analyze and describe the implementation of distance learning, as well as determine the supporting and inhibiting factors for the implementation of distance learning at SDN Karangrena 03. This type of research is qualitative research with descriptive methods. Participants in this study were the principal, teachers, and parents or guardians of students. Data were collected by means of observation, interviews and documentation. The results of this study are described as follows: 1) Distance learning at SDN Karangrena 03 is carried out using online and offline methods, the strategy adopted by the teacher is to use technology with PJJ media via Whatsapp group. 2) Supporting factors for the implementation of distance learning, namely teachers prepare careful planning in implementing PJJ, the support of internet facilities from schools, and teachers and parents can use technology for communication without any time constraints. The inhibiting factor for the implementation of distance learning is that most parents cannot always assist students in learning because they have jobs that cannot be left behind, assignments given by the teacher require more explanation, and students' learning motivation decreases.

Page 1 of 1 | Total Record : 6